Minggu, 25 Maret 2018

LOCAL FOOD MENU

SOTO PADANG
Soto Padang adalah hidangan berkuah kaldu sapi dengan bahan irisan daging sapi yang sudah digoreng kering, bihun (mie dari tepung beras), ditambah perkedel kentang dan dihidangkan panas-panas. Selain di Kota Padang dan solo .hidangan Soto Padang juga mudah ditemukan di berbagai restoran padang di penjuru dunia.


Bahan-Bahan :

250 gram daging sapi has dalam

2 liter air

1 buah pekak

4 siung bawang putih, haluskan

2 sdt garam

Minyak secukupnya, untuk menggoreng



Haluskan :

5 siung bawang putih

10 butir bawang merah

3 cm jahe

1 sdt merica

3 butir kemiri

1 sdm garam

3 cm lengkuas, memarkan

1 batang serai, memarkan

3 lembar daun salam

4 lembar daun jeruk purut

3 butir kapulaga

1 buah pekak



Pelengkap :

Soun, rendam air hangat sebentar

Perkedel kentang

Irisan daun bawang

Irisan seledri

Bawang goreng

Kerupuk kanji merah

Sambal lado merah



Cara membuat :

rebus daging bersama pekak sampai daging empuk, angkat. Sisihkan air kaldunya untuk kuah soto.

potong daging berbentuk kotak tipis. Campur dengan bawang putih dan garam, aduk rata. Diamkan selama 30 menit agar bumbu meresap. Goreng sampai garing, angkat, tiriskan.

tumis bumbu halus bersama lengkuas, serai, daun salam, daun jeruk purut, kapulaga, dan pekak sampai harum. Masukkan tumisan kedalam air kaldu. Aduk sampai mendidih.

atur soun, perkedel, dan daging goreng di dalam mangkuk. Taburi dengan irisan daun bawang, seledri, dan bawang goreng. Siram dengan kuah soto. Sajikan selagi panas dengan kerupuk dan sambal lado merah.


Untuk 5 orang


PALLUMARA



palumara mengacu pada makanan berkuah. Ada lagi satu makanan berkuah populer di Makassar, namanya palubasa. Tetapi, palubasa bersantan dan rasanya lebih machtig, sedangkan palumara encer segar.Palumara adalah masakan khas Makassar – artinya: bukan masakan khas Bugis, Pangkep, atau daerah-daerah Sulawesi Selatan lainnya. Sekalipun juga jamak disajikan dengan potongan daging ikan beserta tulangnya, tetapi yang paling populer adalah yang dibuat dari kepala ikan – khususnya kepala ikan kakap merah ukuran besar. Mungkin karena lemak dan tulang muda di bagian kepala ikan membuat kuahnya yang encer menjadi sedikit lengket-lengket. Agak sulit melacak sejarah masakan palumara ini. Tetapi, rata-rata orang berusia lanjut di Makassar sudah mengenal masakan ini sejak mereka masih kecil. Dapat dipastikan, palumara bukanlah masakan kreasi baru.Teriknya cuaca di Makassar membuat palumara sangat tepat disantap di tengah hari. Kesegarannya – karena rasa asam yang dihadirkan oleh tomat dan asam jawa – sangat melegakan. Hint rasa gurihnya yang tipis cantik diperoleh dari kemiri. Karena tidak dimasak dengan santan, kuahnya terasa ringan, segar, dan nyaman untuk mendinginkan suhu tubuh. Penggunaan serai dan daun kunyit pun membuat sajian ini semerbak harum. Dibanding dengan masakan-masakan gurih khas Makassar dan Bugis – seperti coto, konro, dan palubasa – palumara lebih mudah disukai segala usia. Bila ingin pedas, tinggal menambahkan sambal – khususnya sambal mangga – yang membuatnya lebih mengesankan.

Resep Palumara Bandeng

Sajian ikan khas Makassar yang sekilas terlihat mirip dengan asem-asem dan pindang bandeng ini, memiliki cita rasa gurih, segar, dan pedas yang khas.

Bahan-bahan
Ikan , bersihkan dan buang sisiknya - 1 ekor
Air asam - 50 ml
Bawang putih, iris tipis - 2 siung
Bawang merah, iris tipis - 3 butir
Serai, memarkan - 1 batang
Cabai rawit - 6 butir
Tomat, potong jadi 4 bagian - 1 buah
Garam - 1 sdt
Gula merah - 1 sdt
Kaldu bubuk (opsional) - 1/2 sdt
Kunyit bubuk - 1/2 sdt
Air - 300 ml
Minyak goreng - 2 sdm

Langkah-langkah
Potong ikan  jadi 3 atau 4 bagian. Sisihkan.
Panaskan minyak. Tumis bawang putih dan merah hingga harum.
Masukkan ikan bandeng, air asam, serai, dan kunyit. Tuangkan air lalu aduk rata. Masak hingga mendidih.
Masukkan cabai rawit dan tomat. Bumbui dengan garam, gula merah, dan kaldu bubuk. Aduk rata dan koreksi rasanya. Lanjutkan masak selama 5 menit. Angkat.
Siap disajikan.
Tips
Pilih ikan yang segar dan berukuran sedang atau besar.


SUMBER REFERENSI:
https://resepkoki.id/2017/11/17/resep-palumara-bandeng/

0 komentar:

Posting Komentar

About Me

Categories

Diberdayakan oleh Blogger.

@templatesyard

hola ........... Hari ini senin 29 oktober 2018,kegitan untu praktek hari ini tdak banyak yang saya lakukan hanya sembari duduk di kelas m...

Cari Blog Ini

Home Ads

Advertisement

Facebook

BTemplates.com

KEGITAN KU

PLK

Blogroll

Adbox

DAILY REPORT

madhe manuarsa

Popular Posts