Jumat, 28 September 2018


Margarin


*History
Pada tahun 1813, di sebuah lab kimia, seorang ilmuwan Prancis Michel Eugene Chevreul menemukan sejenis asam lemak yang dia sebut acide margaruite. Karena wujudnya yang berupa endapan berkilauan seperti mutiara, makanya dia menamainya sesuai kata Yunani margarites, yang berarti "pearly - seperti mutiara." Tapi Kaisar Napoleon III menginginkan pengganti margarin dengan harga lebih murah. Maka dia mengadakan sayembara, disediakan hadiah bagi siapa saja yang bisa menciptakan pengganti yang sepadan tapi lebih murah.
Masuklah ahli kimia Prancis Hippolyte Mège-Mouriès. Pada tahun 1869, Mège-Mouriès menyempurnakan dan mematenkan sebuah campuran lemak sapi dan susu yang menghasilkan substitusi dari margarin, karenanya dia pun memenangkan hadiah dari sang Kaisar. Hore. Masih jauh. Produk baru yang diberi nama "oleomargarine" itu sulit dipasarkan. Pada tahun 1871, Mège-Mouriès mendemonstrasikan prosesnya bagi perusahaan Belanda yang mengembangkan metodenya dan membantunya dalam memasarkan margarin.
Pengusaha-pengusaha Belanda ini menyadari bahwa jika margarin bakal menggantikan butter maka ia harus kelihatan seperti butter, dan mereka pun mulai mewarnai margarin, yang aslinya putih, menjadi kuning butter.
Sayangnya Mège-Mouriès tidak diperlakukan istimewa atas penemuannya itu. Dia bahkan meninggal dalam keadaan miskin pada tahun 1880. Perusahaan Belanda yang mengembangkan resepnya pun bekerja cukup baik bagi perusahaan itu sendiri, yang mana, Jurgens, akhirnya menjadi perusahaan pembuat margarin dan sabun terekenal di dunia yang kemudian menjadi bagian dari Unilever.
Mereka lebih dari sekedar jengkel, seperti yang bisa diduga. Mereka meyakinkan legislator untuk mengenakan pajak terhadap margarin hingga dua sen per pound.Para peternak susu juga berhasil melobi pelarangan penggunaan pewarna kuning dalam pembuatan margarin. Pada 1900, butter berwarna pun di-ban di 30 negara bagian AS.Banyak negara bahkan mengambil langkah yang lebih ekstrim untuk menjauhkan pelanggan dari margarin - mereka membuat margarin berwarna pink.
Di Kanada, sempat diadakan kampanye pemerintah anti-margarin. Dari tahun 1886 sampai 1948, hukum Kanada melarang keberadaan margarin. Satu-satunya pengecualian terhadap peraturan ini muncul pada 1917 dan 1923, ketika Perang Dunia I dengan cepat menghabiskan persediaan butter, sehingga pemerintah harus mengandalkan margarin.Namun demikian margarin masih belum bisa bernafas dengan lega. Pelobian yang solid dari Quebec yang membuat peraturan melawan pewarnaan margarin bertahan hingga 2008 kemarin.
*Nutrion
Margarin adalah bahan makanan yang biasa dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia.  Margarin mengandung energi sebesar 720 kilokalori, protein 0,6 gram, karbohidrat 0,4 gram, lemak 81 gram, kalsium 20 miligram, fosfor 16 miligram, dan zat besi 0 miligram.  Selain itu di dalam Margarin juga terkandung vitamin A sebanyak 2000 IU, vitamin B1 0 miligram dan vitamin C 0 miligram.  Hasil tersebut didapat dari melakukan penelitian terhadap 100 gram Margarin, dengan jumlah yang dapat dimakan sebanyak 100 %.
*Function
Meskipun margarin adalah bahan makanan buatan yang didapatkan dari proses emulsi, margarin tetap memiliki kandungan gizi yang juga dibutuhkan oleh tubuh kita. Margarin bisa menggantikan minyak goreng, karena lebih rendah lemak. Hal ini bisa mengurangi resiko kolesterol tinggi.
Margarin juga memiliki kandungan vitamin A, vitamin K, kalsium, zat besi, protein, dan karbohidrat. Margarin juga mengandung antioksidan yang baik untuk tubuh. Nah, kandungan-kandungan gizi dalam margarin ini sangat diperlukan bagi tubuh kita, terutama untuk kesehatan mata, mencegah osteoporosis, serta menjaga keseimbangan hormon.
*Karakteristik
1.   Berbeda dengan mentega, margarin terbuat dari lemak nabati.
2.   Kandungan lemak jenuh pada margarin lebih sedikit daripada mentega.
3.   Margarin kaya akan lemak tak jenuh. Teksturnya lebih kaku, stabil di suhu ruang (artinya tidak mudah meleleh).
4.   Warna margarin lebih kuning dari mentega.
5.   Aroma margarin tidak seharum mentega, namun memiliki daya emulsi yang baik sehingga bisa menghasilkan tekstur kue yang kokoh. Namun saran yang sama diterapkan dalam hal ini, campurlah mentega dan margarine agar rasa kue semakin enak dan tekstur kokoh dan lembutnya tetap terjaga.

Almond


*History
Meski populer menyandang nama "kacang", tetapi secara botani, Almond tidaklah termasuk ke dalam kerabat tanaman kacang atau famili polong-polongan. Prunus Dulcis merupakan nama latin dari Almond. Tanaman ini kabarnya asli berasal dari Timur Tengah. Almond sendiri merupakan subkeluarga dari Prunoidae dan bagian dari famili Rosaceae. Jika ditelusuri, maka almond sesungguhnya adalah buah yang keekrabatannya dekat dengan buah persik, prem dan juga ceri.
 Sebagai buah, almond biasanya dikenal dengan nama buah badam dengan tekstur kulit keras seperti cangkang tetapi bagian dalamnya terdapat biji yang bisa untuk dimakan. Biji tersebutlah yang orang awam sering sebut kacang, kacang almond.
*Nutrion
Kacang Almond merupakan salah satu Superfood (istilah untuk makanan yang mengandung banyak nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan). Meskipun almond pemilik nama "kacang" namun pohonnya berbeda dengan kacang panjang, kacang tanah dan kacang kedelai. Di Indonesia sendiri, kacang almond dikenal dengan nama kacang Badam.
Almond merupakan sumber nutrisi penting, vitamin, mineral, asam lemak, dan serat makanan yang diperlukan untuk otak dan tubuh yang sehat. Selain bisa dimakan secara mentah, kacang almond juga biasa digunakan sebagai bahan dalam membuat salad.
Almond juga mengandung vitamin E ekstra, vitamin B kompleks, dan asam lemak omega-3. Mengkonsumsi segenggam almond setiap hari menyediakan asupan protein yang cukup tinggi sehingga akan mencegah Anda dari rasa lapar yang berlebihan. Ditambah lagi, Anda akan mendapatkan semua vitamin penting yang dibutuhkan tubuh Anda.
*Function
Kacang Almond diklaim memiliki manfaat mempercepat pergerakan makanan di kolon dan mencegah kanker usus besar. Beberapa penelitian terbaru mengaitkan kacang almond dengan penurunan kolesterol LDL. Kegunaan Kacang Almond lainnya sebagai anti inflamasi / radang. Fungsi Kacang Almond Lainnya yakni dapat mermperkuat daya tahan tubuh dan melindungi hati.
*Karakteritik
Ada dua jenis almond, yaitu almond pahit dan almond manis. Almond pahit bentuknya sedikit lebih lebar dan lebih pendek dari almond manis. Almond pahit juga mengandung sekitar 50 persen minyak tetap dibandingkan almond manis.
Yang biasa dikonsumsi orang adalah almond manis, sedangkan almond pahit biasa digunakan untuk bahan baku pembuatan minyak dan aroma almond.Minyak almond digunakan sebagai carrier oil untuk dicampur dengan minyak atsiri (essential oil) yang bermanfaat untuk pelembap kulit tubuh dan bibir yang pecah-pecah.
Sifat minyak almond yang tidak menembus sedalam jenis minyak lain, menjadikannya ideal sebagai minyak pijat dan aromaterapi dengan keharuman nan lembut.Selain itu, minyak almond berguna merawat kulit kepala, mencegah rambut rontok, serta memberikan kekuatan dan kilau pada rambut.


O r a n g e


·       History
Tanaman jeruk sudah lama dibudidayakan di Indonesia dan di negara-negara tropis Asia lainnya. Sebab tanaman jeruk memang berasal dari negara-negara tropis Asia, termasuk di wilayah Indonesia. Maka tidak mengherankan, kalau orang-orang dari Eropa tertarik terhadap jeruk Indonesia dan kawasan Asia umumnya.
Buah jeruk dari kawasan Asia memiliki warna dan bentuk yang khas dan menarik. Di Eropa, umumnya hanya dikenal jeruk “Citroen” yaitu pada tahun ± 300 SM. Jeruk manis baru dikenal pada tahun 1.400 M. Sedangkan jeruk manis dan jeruk keprok Mandarin telah lama dikenal dan ditanam di negara China. Jeruk manis yang sudah lama dikenal dan ditanam lebih dari 27 macam, di samping jenis-jenis jeruk lainnya. Bukti lain yaitu dengan ditemukannya biji-biji jeruk oleh V. Frimmel, yang ternyata biji jeruk Citroen, sudah ada sejak ± 400 SM.
Setelah diselidiki ternyata biji jeruk citroen ini dibawa oleh orang-orang Mesir pada zaman Firaun dari daerah Asia dan kepulauan di sekitarnya. Untuk jenis jeruk “Sour Orange” dan lemon (nipis) baru dikenal di Eropa sesudah jeruk citroen. Kedua jenis jeruk ini tersebar ke seluruh Eropa Selatan pada waktu berkembangnya agama Islam dari Afrika Utara terus ke Spanyol. Jenis jeruk manis baru dikenal orang Eropa sesudah jeruk manis ini lama diusahakan oleh bangsa India dan mereka berjasa dalam usaha penyebarannya ke benua Amerika yang sekarang mempunyai “Citroen Industri” yang sangat terkenal.
Di indonesia sejarah tanaman jeruk tidak begitu dikenal. Tanaman jeruk yang ada sekarang ini adalah peninggalan dari zaman penjajahahan Belanda. Mereka mendatangkan jeruk-jeruk manis dan keprok dari Amerika, Italia. Namun sampai sekarang beberapa jenis jeruk Indonesia tidak begitu jelas dari negara man asalnya. Terutama jenis jeruk Siam, jeruk Garut dan jeruk Batu. Kemungkinan lain bahwa Indonesia beberapa tahun yang lalu telah menerima bibit-bibit dari negara China maupun India, Birma, dan vietnam. Sedangkan untuk jenis jeruk Grape Fruit dan Van Quick, manis besar, jeruk Pacitan dikatakan asli dari Pulau Jawa. Pernyataan ini besar sekali kemungkinannya bahwa sebelum Belanda berusaha untuk memperbanyak jenis jeruk di Indonesia, jenis-jenis tersebut di atas sudah ada.

·       Charakteristic
Dari segi bentuknya buah ini memiliki bentuk bulat, dan di dalamnya terdapat daging jeruk yang berbentuk setengah lingkaran tapi agak panjang.
Dari segi kulitnya buah jeruk memiliki kulit tipis dan terkadang memiliki kulit yang tebal. Kulit jeruk biasanya berwarna hijau, kuning dan orange.
Dari segi biji, buah jeruk berbiji dua. Dalah satu buah jeruk biasanya terdapat banyak biji Dari segi dagingnya, buah jeruk hampir semua isi dagingnya berupa air, sehingga cocok bagi anda yang sedang kehausan.

·       Function
1) Buah jeruk mengandung vitamin V yang tinggi sehingga dapat membantu manusia dalam penyembuhan saryawan
2) Buah jeruk dapat menyehatkan tulang
3) Buah jeruk dapat melancarkan peredaran darah
4) Buah jeruk dapat mencegah katarak
5) Buah jeruk dapat menambah stamina
6) Buah jeruk dapat menjaga kesehatan mata
7) Buah jeruk dapat membantu pembentukan tulang
8) Buah jeruk dapat membantu kesehatan syaraf
9) Buah jeruk dapat membantu manusia dalam program diet
10) Buah jeruk dapat menurunkan tekanan darah
11) Buah jeruk dapat membantu mencegah kanker
12) Buah jeruk dapat mencegah kerusakan kulit
13) Buah jeruk dapat menjaga kesehatan jantung
14) Buah jeruk dapat mencegah terjadinya stroke
15) Buah jeruk dapat menambah,tenaga
16) Buah jeruk dapat menjaga sistem imun
17) Buah jeruk baik untuk pencernaan
18) Buah jeruk dapat meningkatkan fungsi otak

·       Nutrition
Sudah bukan rahasia lagi jika jeruk dikenal sebagai buah yang banyak mengandung vitamin C. Kandungan vitamin C dalam jeruk bahkan mencapai 53,2 mg per 100 g atau mencukupi 90% kebutuhan harian. Namun tak hanya itu, jeruk juga kaya akan zat bermanfaat lainnya.
Di antaranya termasuk serat pangan pektin, folat, vitamin B1, vitamin A serta antioksidan flavanoid beta karoten, beta cryptoxanthin, zeaxanthin, dan lutein. Jeruk juga mengandung potasium, tembaga, asam pantotenik, dan kalsium dalam jumlah cukup banyak.
Kandungan fitonutrien dalam jeruk sendiri cukup beragam, yakni citrus flavanones, anthocyanins, hydroxycinamic acids, hesperidin, naringin, naringenin, dan berbagai polifenol lainnya. Fitonutrien ini lebih banyak ditemukan pada kulit dan daging buah berwarna putih di bagian dalam jeruk, bukan di cairannya.
Sekian dari saya nih guys, semoga bermanfaat untuk kalian semua yahh. Sampai jumapa diblog saya yang selanjutnya, terima kasih.

SOURCE :
http://www.tribunnews.com/kesehatan/2017/06/05/trik-memilih-kacang-almond-yang-bagus-untuk-kesehatan
http://oalamagz.blogspot.co.id/2010/09/sebelumnya-untuk-memperjelas-perbedaan.html
http://www.organisasi.org/1970/01/isi-kandungan-gizi-margarin-komposisi-nutrisi-bahan-makanan.html#.Wv6pVuhubIU
http://www.kerjanya.net/faq/17878-margarin.html
http://giziklinikku.blogspot.co.id/2016/07/karakteristik-mentega-dan-margarine.html
https://manfaatnyasehat.blogspot.co.id/2013/08/manfaat-kacang-almond.html
http://goodwisdoms.blogspot.co.id/2011/01/sejarah-tanaman-jeruk.html
http://mengenalciriciri.blogspot.co.id/2018/01/ciri-ciri-buah-jeruk-dan-manfaatnya.html


0 komentar:

Posting Komentar

About Me

Categories

Diberdayakan oleh Blogger.

@templatesyard

hola ........... Hari ini senin 29 oktober 2018,kegitan untu praktek hari ini tdak banyak yang saya lakukan hanya sembari duduk di kelas m...

Cari Blog Ini

Home Ads

Advertisement

Facebook

BTemplates.com

KEGITAN KU

PLK

Blogroll

Adbox

DAILY REPORT

madhe manuarsa

Popular Posts