Jumat, 28 September 2018


Anggur


*History
Saat banyak orang mengira bahwa wine adalah tren kuliner belaka, sebenarnya sejarah wine ditarik panjang ke belakang. Penggalian Arkeologis menemukan kultivasi anggur telah dimulai sejak 6000 – 5000 tahun sebelum Masehi. Bahkan di Alkitab pun, kata ‘wine’ ada di kitab Kejadian. kutipan @ yohan handoyo dlm di kultwit web decanter.com
Dimulai dengan Nuh dan Perjanjian Lama, pada hingga Mesopotamia kuno dan Mesir, periode Yunani-Romawi, (dengan factoids pada botol anggur tertua di dunia) dan melintasi Atlantik ke New vintners Dunia,
Sejarah anggur rentang ribuan tahun dan erat terkait dengan sejarah pertanian, peradaban masakan, dan kemanusiaan itu sendiri. Bukti Arkeologi menunjukkan bahwa produksi anggur paling awal dikenal terjadi di Georgia sekitar 8.000 SM, dengan situs terkenal lainnya di Iran dan Armenia tertanggal 7.000 SM dan SM 6000, masing-masing  Bukti arkeologi menjadi lebih jelas dan poin untuk domestikasi gosip di situs Awal Zaman Perunggu di Timur Dekat, Sumeria dan Mesir dari sekitar milenium ketiga SM.
Bukti dari produksi Anggur paling awal di Balkan telah ditemukan di situs arkeologi di Makedonia, tanggal sampai 6.500 tahun yang lalu . Situs-situs yang sama juga mengandung sisa-sisa bukti di dunia awal anggur dihancurkan. Di Mesir , anggur menjadi bagian dari sejarah yang tercatat, memainkan peran penting dalam kehidupan upacara kuno. Jejak anggur liar yang berasal dari milenium kedua SM dan pertama juga telah ditemukan di Cina.
Anggur, terikat dalam mitos untuk Dionysus / Bacchus, adalah umum di Yunani kuno dan Roma,  dan banyak besar anggur-daerah penghasil Eropa Barat hari ini telah didirikan dengan perkebunan Funisia dan kemudian Romawi. Anggur teknologi pembuatan , seperti pers anggur, membaik pada masa Kekaisaran Romawi; varietas anggur dan teknik budidaya banyak dikenal dan barel dikembangkan untuk menyimpan dan pengiriman anggur .
Di Eropa abad pertengahan, menyusul jatuhnya Roma dan industri skala anggur produksi untuk di-ekspor, Gereja Kristen menjadi pendukung setia anggur yang diperlukan untuk perayaan Misa Katolik Sedangkan anggur dilarang dalam budaya Islam abad pertengahan, penggunaannya dalam Kristen persembahan anggur kpd dewa secara luas ditoleransi dan Geber dan Ahli kimia Muslim lainnya dirintis distilasi untuk tujuan pengobatan dan industri Islam seperti parfum, Anggur produksi secara bertahap meningkat dan konsumsi yang menjadi populer dari abad ke-15 dan seterusnya, hidup kutu Phylloxera menghancurkan 1870-an dan. akhirnya penetapan daerah berkembang di seluruh dunia.

*Nutrion
Di balik warnanya yang eksotis, anggur kaya akan mineral mikronutrien seperti zat tembaga, besi, mangan, dan potasium. Buah yang sering dijadikan bahan utama pembuatan wine ini juga merupakan sumber vitamin C, A, K, karoten, serta vitamin B kompleks seperti pirikoksin, riboflavin, dan tiamin.
Anggur pun diperkaya dengan berbagai antioksidan polifenol. Mulai dari antosianin, stilbene (resveratrol, piceatannol, pterostilbene), flavanol (katekin, epikatekin, prosianidin, proantosianidin, viniferon), flavonol (quercetin, kaempferol, myricetin, isorhamnetin), asam fenolik (asam kafeat, asam kumarat, asam ferulat, asam galat), dan karotenoid (beta karoten, zeaxanthin, lutein).

*Kandungan nutrisi anggur per 100 gram.
Kandungan antioksidan ini berbeda pada setiap jenis anggur. Misalnya saja, anggur merah dan ungu banyak mengandung antosianin, sedangkan anggur hijau dan putih lebih banyak memiliki tanin, terutama katekin. Pada umumnya, senyawa antioksidan ini banyak terdapat di bagian kulit dan biji anggur.

*Function
- Mencegah Jantung Koroner
Anggur merah disebut-sebut dapat mencegah penyakit jantung koroner berkat kandungan senyawa fenol yang punya sifat antioksidan yang sangat kuat. Sedangkan resveratrol pada anggur merah dan hitam khususnya, berpotensi menurunkan risiko terkena jantung koroner (berdasarkan penelitian yang dilakukan di Jepang dan AS). Begitu pula kandungan saponinnya, mampu menghambat penyerapan kolesterol dalam darah.
-          Mengatasi Insomnia
Sebuah penelitian di Italia menunjukkan bahwa pada anggur terdapat melatonin, suatu hormon yang bisa membantu mengatur jam biologis tidur manusia. Dengan begitu para penderita insomnia boleh berharap dengan mengonsumsi anggur bisa mengatasi masalah tidurnya.
-          Mengatasi Hipertensi
Kandungan kalium dan melatonin pada anggur bermanfaat untuk mengendalikan tekanan darah, sementara kandungan seratnya mampu membersihkan pembuluh-pembuluh darah dari lemak.
-          Menghambat Sel Kanker
Sifat antioksidan, senyawa petrostilbene, acutimissin A, resveratrol, asam elagik yang cukup tinggi pada buah anggur menunjukkan kemampuannya dalam menghambat pertumbuhan sel-sel kanker.
-          Mencegah Diabetes
Kandungan mangan pada anggur mampu membantu menjaga kestabilan gula dalam darah.

*Karakteristik
Kulit tipis, rasa manis dan segar.b) Kemampuan tumbuh dari dataran rendah hingga 300 m dari permukaan laut beriklim kering.c) Termasuk jenis ini adalah Gros Colman, Probolinggo Biru dan Putih, Situbondo Kuning, Alphonso Lavalle dan Golden Champion.

Chocolate


 History
             Orang-orang suku Olmec memanfaatkan pohon kakao untuk  membuat “coklat”. Berdasarkan dokumentasi, penggunaan coklat paling awal ditemukan di sebuah situs pengolahan coklat di Puerto Escondido, Honduras pada sekitar tahun 1100 -1400 tahun SM.
Residu yang didapatkan dari tangki-tangki pengolahan ini mengindikasikan bahwa awalnya penggunaan kakao tidak diperuntukkan untuk membuat minuman saja, namun juga selput putih yang terdapat pada biji kokoa lebih banyak digunakan sebagai sumber gula untuk minuman beralkohol.
Residu coklat yang ditemukan pada tembikar yang digunakan oleh suku Maya kuno yang hidup di Río Azul, Guatemala Utara, menunjukkan bahwa Suku Maya meminum coklat pada sekitar tahun 400 SM. Peradaban pertama yang hidup dan mendiami daerah Meso-Amerika itu mengenal pohon “kakawa” ini sebagai pohon yang buahnya dikonsumsi sebagai minuman xocolātl yang artinya minuman pahit. Entah untuk alasan apa, menurut mereka, minuman ini harus dikonsumsi setiap hari. Namun, tampaknya  coklat juga menjadi simbol kemakmuran bagi mereka.
Cara menyajikan coklat pun tidak sembarangan.  Yaitu dengan cara memegang wadah cairan ini setinggi dada, lalu menuangkan ke wadah lainnya di tanah. Penyaji yang ahli bisa menghasilkan busa tebal, bagian yang menjadikan minuman ini jadi begitu bernilai. Busa ini sebenarnya dihasilkan oleh lemak cocoa (cocoa butter). Orang-orang yang tinggal di Meso-Amerika nampaknya memiliki kebiasaan yang penting, yaitu meminum dan makan bubur yang mengandung coklat.
Biji dari pohon kakao ini sesungguhnya sangat pahit sehingga harus difermentasi agar rasanya bisa diperolah. Setelah dipanggang dan diproses menjadi bubuk, hasilnya adalah coklat atau kokoa.
Kebiasaan minum coklat suku Maya diperkirakan dimulai pada sekitar tahun 450 SM – 500 SM. Konon pada saat itu,  mengkonsumsi coklat dianggap sebagai simbol status penting seseorang. Suku Maya mengkonsumsi coklat dalam bentuk cairan berbuih yang ditaburi vanilla, lada merah, atau rempah-rempah lain. Minuman Xocoatl ini juga diyakini sebagai pencegah lelah, sebuah kepercayaan yang mungkin dikarenakan dari kandungan theobromin di dalamnya.
Ketika akhirnya peradaban Maya klasik runtuh (sekitar tahun 900) dan kemudian digantikan oleh bangsa Toltec, pada saat itu biji kokoa menjadi komoditas utama Meso-Amerika. Pada masa kekuasaan Kerajaan Aztec (sampai sekitar tahun 1500 SM) daerah yang meliputi Kota Meksiko dikenal sebagai daerah Meso-Amerika sebagai daerah yang paling kaya akan biji kokoa. Bagi suku Aztec, biji kokoa dianggap sebagai “makanan para dewa” (theobroma, dari bahasa Yunani). Biji kokoa biasanya digunakan dalam upacara-upacara keagamaan dan sebagai hadiah.
Coklat juga telah menjadi barang mewah pada jaman Kolombia-Meso Amerika, dimana dalam kebudayaan mereka yaitu suku Maya, Aztec, dan Toltec biji kakao (cacao bean) sering digunakan sebagai mata uang.  Contohnya, suku Indian Aztec menggunakan sistem penghitungan dimana satu ayam turki dihargai seratus biji kokoa dan satu buah alpukat dihargai tiga biji kokoa.
Sementara itu, pada tahun 1544 M, delegasi Maya Kekchi dari Guatemala yang sedang mengunjungi istana Spanyol membawa beberapa hadiah, di antaranya minuman coklat.

Karakteristik
Cokelat adalah sebutan untuk makanan yang diolah dari biji kakao.Cokelat umumnya diberikan sebagai hadiah atau bingkisan di hari raya. Dengan bentuk, corak, dan rasa yang unik, cokelat sering digunakan sebagai ungkapan terima kasih, simpati, atau perhatian. Bahkan sebagai pernyataan cinta.Cokelat juga telah menjadi salah satu rasa yang paling populer di dunia, selain sebagai cokelat batangan yang paling umum dikonsumsi, cokelat juga menjadi bahan minuman hangat dan dinginSejarah CokelatCokelat dihasilkan dari kakao (Theobroma cacao) yang diperkirakan mula-mula tumbuh di daerah Amazon utara sampai ke Amerika Tengah. Mungkin sampai ke Chiapas, bagian paling selatan Meksiko.
Orang-orang Olmec memanfaatkan pohon dan, mungkin juga, membuat “cokelat” di sepanjang pantai teluk di selatan Meksiko. Dokumentasi paling awal tentang cokelat ditemukan pada penggunaannya di sebuah situs pengolahan cokelat di Puerto Escondido, Honduras sekitar 1100 -1400 tahun SM [1]. Residu yang diperoleh dari tangki-tangki pengolahan ini mengindikasikan bahwa awalnya penggunaan kakao tidak diperuntukkan untuk membuat minuman saja, namun selput putih yang terdapat pada biji kokoa lebih condong digunakan sebagai sumber gula untuk minuman beralkohol.

Fungsi
Manfaat kesehatan yang mungkin dari coklat karena mengandung senyawa antioksidan bernama flavonoid. Coklat berasal dari tanaman kakao, dan kakao adalah luar biasa kaya flavanols, jenis fitokimia flavonoid. (Tanaman lainnya yang kaya flavanols termasuk yang ditemukan pada manfaat teh, manfaat jeruk dan anggur). Kedengarannya memang cukup sederhana, tetapi mengkonsumsi beberapa jenis coklat yang kaya akan kandungan flavonoid ini, diduga dapat mempengaruhi kesehatan sistem tubuh, berikut ini beberapa diantaranya :
1. Meningkatkan Produksi Insulin
Para peneliti di Italia baru-baru ini, melakukan penelitian terhadap 15 orang untuk mengkonsumsi 3 ons cokelat hitam atau cokelat putih dalam jumlah yang sama, yang tidak mengandung phytochemical flavonoid selama 15 hari. Kemudian penelitian ini menunjukkan hasil, bahwa resistensi insulin (faktor risiko untuk diabetes) secara signifikan menurun pada mereka yang makan cokelat hitam.
2. Mempengaruhi Peningkatan Aliran Darah
Terkait penelitian di atas, ditemukan juga hasil tekanan darah sistolik (angka pertama dalam pembacaan tekanan darah), diukur setiap hari dan juga menjadi lebih rendah pada kelompok makan coklat hitam. Kandungan zat flavonoid ini bertindak sebagai antioksidan alami dari coklat. Antioksidan yang sama ini juga terdapat pada manfaat anggur.
3. Mengurangi Risiko Serangan Jantung
Seorang peneliti dengan John Hopkins pada University School of Medicine. Dalam penelitian, coklat hitam dapat mengurangi resiko serangan jantung hampir sekitar 50%, kata Diane Becker, MPH, ScD. Hal ini berkaitan dengan pembekuan trombosit dalam darah yang menjadi lebih lambat pada orang yang makan cokelat dibandingkan pada mereka yang tidak. Hal ini penting karena ketika trombosit mengalami pembekuan dapat terbentuk dan blok bekuan dalam pembuluh darah ini yang kemudian dapat menyebabkan serangan jantung.
4. Menurunkan Berat Badan
Berbeda dengan manfaat buah-buahan yang memang terkenal baik untuk menjaga berat badan, mengkonsumsi coklat menjadi ketakutan sendiri bagi orang yang sedang melakukan program diet. Pada penelitian yang dilakukan oleh University of Copenhagen ini menghasilkan penemuan bahwa coklat hitam memberikan perasaan yang lebih kenyang seperti manfaat jambu biji dan manfaat apel, daripada coklat putih. Ini artinya cukup efektif untuk membantu menurunkan berat badan.
5. Proteksi Sinar matahari
Proteksi terhadap sinar matahari ini telah dilakukan penelitian oleh peneliti London mengenai kandungan flavanol. Pengujian dilakukan selama 3 bulan dengan mengkonsumsi coklat, yakni mengembangkan bahwa efek memerah yang menunjukkan awal luka bakar. Namun coklat yang rendah flavanol tidak mendapatkan perlindungan matahari yang sama.
6. Mengatasi Diare
Kabanyakan kita hanya mengetahui sejumlah tanaman yang memberikan dukungan terhadap pengobatan diare seperti pada manfaat daun jambu biji. Padahal sejarah budaya Amerika Selatan dan Eropa sejak abad ke-16, memberikan pengobatan diare dengan kakao. Kemudian hal ini diperkuat oleh penelitian Ilmu pengetahuan modern. Para ilmuwan di Rumah Sakit Anak Oakland Research Institute menemukan bahwa flavonoid di dalam kakao, akan mengikat protein yang mengatur sekresi cairan dalam usus kecil dan berpotensi menghentikan diare.
7. Meningkatkan Intelijen
Jika berada pada situasi proyek kerja, yang cukup memberikan tekanan, ada baiknya untuk mengkonsumsi coklat hitam. Coklat tidak hanya akan membantu mengurangi efek stres terhadap lingkungan, tapi juga akan meningkatkan kekuatan otak ketika sedang benar-benar dibutuhkan. Kondisi ini ditemukan oleh para peneliti dari A University of Nottingham, yang  menemukan bahwa minum kokoa kaya flavanol berpengaruh dalam peningkatan  aliran darah ke bagian-bagian kunci dari otak selama 2 sampai 3 jam. Hal ini dapat meningkatkan kinerja dan kewaspadaan oak tdalam jangka pendek.
8. Baik Untuk Sindrom Kelelahan Kronis
Dalam sebuah penelitian kecil di Inggris, sekitar 1 1/2 ons 85% cocoa dark chocolate diberikan kepada sekelompok orang dewasa dengan sindrom kelelahan kronis setiap hari selama delapan minggu. Dalam studi, yang telah dikirimkan untuk publikasi, para peserta dilaporkan merasa tidak terlalu setelah makan cokelat. Anehnya, tidak ada kenaikan berat badan pada kelompok orang tersebut, menurut peneliti Steve Atkin, PhD. Para peneliti percaya bahwa cokelat meningkatkan aksi neurotransmitter, seperti serotonin, yang membantu mengatur suasana hati dan tidur, namun memang masih perlu dilakukan penelitian lebih lanjut untuk mengkonfirmasi manfaat coklat tersebut.
Selain 8 Manfaat utama di atas , coklat juga berdampak pada kesehatan lain pada tubuh manusia, berikut beberapa di antaranya :
©      Mencegah penyakit jantung
©      Menurunkan tekanan darah
©      Menurunkan kolesterol
©      Anti depresan
©      Kandungan lemak rendah
©      Meningkatkan sirkulasi darah
©      Menghindari kelelahan kronis
©      Menghambat penuaan
©      Coklat meningkatkan kesehatan mata.
©      Coklat mengurangi risiko kanker.
©      Coklat dapat menghaluskan kulit.
©      Coklat membantu kita untuk menurunkan berat badan.
©      Coklat sangat baik untuk Kesehatan Otak
©      Anti Depresi

Nutrisi
 Biji kakao mengandung cukup banyak karbohidrat, tapi umumnya pati, serat tak larut dan larut, juga sangat sedikit gula sederhana. Biasanya gula ditambahkan ke dalam cokelat saat proses produksi di pabrik.Lemak  biji kakao mengandung sekitar 50% lemak. Lemak kakao terdiri dari dua jenis asam lemak jenuh (palmitic acid dan stearic acid) dan satu asam lemak tak jenuh tunggal (oleic acid) Vitamin . Biji kakao memiliki kandungan vitamin yang cukup, yaitu vitamin A, B1, B2, B3, C, E dan asam pantotenat Kafein .
Biji kakao mengandung kafein dalam jumlah yang sangat rendah, jauh dibawah kafein yang ada pada kopi dan teh Antioksidan . Kakao mengandung polifenol seperti yang ada pada minuman anggur. Antioksidan bermanfaat untuk mnejaga kesehatan tubuh.Mineral esensial . Kakao mengandung banyak mineral, termasuk magnesium, kalsium, zat besi, tembaga, potasoum, dan mangan Kalori . Cokelat, khususnya dark chocolate memiliki kandungan kalori yang cukup tinggi karena memiliki kadar tinggi gula dan lemak Feniletilamin . Zat ini merupakan antidepresan yang ringan dan stimulan dengan kekuatan hampir sama dengan dopamin dan adrenalin yang diproduksi oleh tubuh.

KEPAYANG/KLUWAK


HISTORY
          Pucung atau sering disebut juga Kepayang, kluwek, keluwek, keluak, adalah tumbuan suku dari Achariaceae, (dulu dimasukkan dalam Flacourtiaceae). Di berbagai daerah sering terjadi perbedaan nama. Orang Sunda menyebutnya picung atau pucung (begitu pula sebagian orang Jawa Tengah) dan di Toraja disebut pamarrasan, pohon lunglai atau kalawak dalam Banjar. Orang Eropa menyebut tanaman ini dengan Durian, False Durian, Football fruit, Raual. Dalam istilah latin tanaman ini memiliki nama Pangium Edule. Orang Eropa menyebut kluwek dengan sebutan durian atau false durian lantaran baunya yang menyengat sehingga mereka salah mengartikan kluwek sebagai durian.
Bau yang menyengat ini dihasilkan oleh hydrocyanic acid yang terkandung dalam buahnya. Disebut Football Fruit karena buah tanaman ini berbentuk seperti bola rugby atau american football.
Pohon pucung, kepayang atau kluwek mempunyai batang lurus yang tingginya bisa mencapai 60 meter dengan diameter batang mencapai 120 cm. Percabangannya tidak terlalu rapat. Daunnya berbentuk jantung, dengan lebar 15 cm. dan panjang 20 cm. berwarna hijau gelap dan mengkilap di bagian atas, sementara bagian bawahnya agak keputihan dan sedikit berbulu.
Tanaman ini tumbuh di hutan hujan tropika basah dan merupakan tanaman asli yang tumbuh mulai dari Asia Tenggara hingga Pasifik Barat, termasuk di Indonesia. Pucung atau Kepayang bisa mampu tumbuh di daerah dataran rendah hingga ketinggian 1.500 m dpl.

 Nutrient content
           Kluwak memiliki Asam sianida konsentrasi tinggi. Inilah mengapa muncul istilah mabuk kepayang. Karena tanaman ini mengandung asam sianida konsentrasi tinggi yang memabukan. Maka dari itu sebelum dimanfaatkan biasanya direndam dulu selama 10-14 hari untuk menghilangkan racun ini.
ISI KANDUNGAN GIZI KLUWAK
Nama Bahan Makanan : Kluwak
Nama Lain / Alternatif : Keluak / Kluwek / Kepayang
Banyaknya Kluwak yang diteliti (Food Weight) = 100 gr
Bagian Kluwak yang dapat dikonsumsi (Bdd / Food Edible) = 80 %
Jumlah Kandungan Energi Kluwak = 273 kkal
Jumlah Kandungan Protein Kluwak = 10 gr
Jumlah Kandungan Lemak Kluwak = 24 gr
Jumlah Kandungan Karbohidrat Kluwak = 13,5 gr
Jumlah Kandungan Kalsium Kluwak = 40 mg
Jumlah Kandungan Fosfor Kluwak = 100 mg
Jumlah Kandungan Zat Besi Kluwak = 2 mg
Jumlah Kandungan Vitamin A Kluwak = 0 IU
Jumlah Kandungan Vitamin B1 Kluwak = 0,15 mg
Jumlah Kandungan Vitamin C Kluwak = 30 mg
Khasiat / Manfaat Kluwak : - (Belum Tersedia)

Function Of Ingredients
1. Mengatasi penyakit kulit
Manfaat kluwek yang pertama yaitu dapat mengatasi berbagai jenis penyakit kulit. Jika Anda mempunyai jenis kulit yang cukup sensitive, Anda dapat menggunakan biji buah ini sebagai obat alami untuk mengatasi penyakit kulit.
2. Bahan antiseptic alami
Khasiat kluwek juga dapat menjadi bahan antiseptic yang alami. Hal ini diperoleh dari kandungan alami dan sehat yang ada dalam biji buah ini. Kandungan tersebut cocok digunakan sebagai kandungan antisepctic alami.
3. Mengatasi kutu pada rambut
Manfaat kluwek dapat Anda gunakan untuk mengatasi kutu pada rambut. Caranya dengan menghaluskan biji buah ini kemudian Anda beri sedikit air dan ratakan pada rambut. Jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan rambut dengan baik.
4. Mencegah penyakit rematik
Khasiat kluwek bisa menjadi obat pencegah penyakit rematik. Tidak hanya bijinya saja, namun juga buahnya bisa Anda gabungkan dengan bijinya untuk meredakan gejala rematik. Tubuh Anda akan menjadi sehat tanpa adanya penyakit ini.
5. Mengatasi kudis dan panu
Manfaat kluwek untuk kesehatan tubuh terutama kulit yaitu mengatasi penyakit kulit akibat jamur, seperti panu dan kudis. Kandungan senyawa dalam biji buah ini mampu menjadi anti jamur yang akan menyingkirkan serangan jamur ke kulit Anda.
6. Memudahkan tidur
Jika Anda termasuk orang yang mengalami kesulitan untuk tidur, Anda dapat mengonsumsi kluwek sebagai obatnya. Ya, kandungan sehat yang ada dalam biji ini ampuh untuk membuat Anda lebih rileks dan mudah untuk tidur.
7. Melancarkan haid
Bagi perempuan yang sering mempunyai masalah ketika haid perlu mencoba kluwek. Biji buah ini bisa dimanfaatkan untuk membuat haid menjadi lancar serta mengatasi masalah keputihan yang sering menyerang organ wanita.
8. Mencegah penyakit lepra
Salah satu fungsi kluwek yang tidak kalah pentingnya yaitu mencegah penyakit lepra. Jika Anda mempunyai gejala penyakit ini dalam tubuh, Anda dapat mengurangi resikonya dengan mengonsumsi biji sehat ini.
9. Anti kolesterol tinggi
Siapa sangka jika manfaat kluwek juga bisa Anda peroleh untuk mencegah kolesterol yang tinggi. Kandungan alami dalam buah dan bijinya ampuh untuk menurunkan kelesterol jahat yang cukup tinggi di dalam tubuh.
10. Obat borok
Borok adalah jenis penyakit pada kulit yang membuat kulit Anda mengalami luka terbuka. Penyakit ini dapat Anda sembuhkan dengan kluwek. Manfaat biji buah ini yaitu mempercepat pengeringan luka pada borok.
5        Manfaat dan Khasiat Kluwek Lainnya:
         Menyehatkan rambut
         Bumbu masakan
         Bahan pengawet ikan
         Menjaga daya tahan tubuh
         Anti oksidan alami
         Menyehatkan kulit
         Mencegah kerontokan rambut
         Membantu regenarasi kulit

Charateristic of ingredients
Pohon kluwek memiliki batang lurus dengan tinggi 60 meter dengan lebar pohon 120 cm. Daunnya memiliki bentuk yang lonjong dengan lebar 15 cm dan memiliki panjang 20 cm. Daunnya berwarna hijau gelap mengilap di bagian atasnya dan berwarna agak keputihan dan berbulu di bagian bawahnya. Bunganya berada di pucuk ranting dan berwarna putih kehijauan seperti bunga pepaya. Bentuk buahnya lonjong dengan bagian ujung dan pangkal meruncing, berwarna kecokelatan dengan permukaan berbulu. Ukuran buahnya kurang lebih panjang 30 cm dengan lebar 20 cm. Daging buahnya berwarna putih dengan tekstur lunak. Bijinya bertempurung cokelat kehitaman berbentuk asimetris dengan ukuran 3-4 cm. Itulah bentuk fisik dari tanaman kluwek.

Source
Anonim. 2017, Isi Kandungan Gizi kluwak. http://www.organisasi.org/1970/01/isi-
kandungan-gizi-kluwak-komposisi-nutrisi-bahan-makanan.html#.WrUQSRNEm00  (Online, 1 sept)
Anonim. 2017, 18 Manfaat Kluwak. https://www.khasiat.co.id/biji/kluwek.html  (Online, 1 sept)
http://missjunecompany.com/sejarah-coklat/
http://cennetawang.blogspot.nl/2011/01/coklat.html
https://manfaat.co.id/manfaat-coklat
http://inform-kesehatan.blogspot.com/2015/05/kandungan-nutrisi-cokelat.html


0 komentar:

Posting Komentar

About Me

Categories

Diberdayakan oleh Blogger.

@templatesyard

hola ........... Hari ini senin 29 oktober 2018,kegitan untu praktek hari ini tdak banyak yang saya lakukan hanya sembari duduk di kelas m...

Cari Blog Ini

Home Ads

Advertisement

Facebook

BTemplates.com

KEGITAN KU

PLK

Blogroll

Adbox

DAILY REPORT

madhe manuarsa

Popular Posts