Jumat, 28 September 2018


Kacang Polong


*History
Kacang polong yang kaya serat - Melirik nutrisi sehat yang terkandung dalam kacang polong ini memang tidak diragukan. Banyak manfaat sehat yang terkandung didalam nya, karena kaya protein nabati yang diperlukan tubuh.
Kacang polong lebih dikenal dengan nama ercis. Nama ercis ini berasal dari bahas Belanda yang berarti ercis kecil. Sejak itu pula kacang polong masuk wilayah Indonesia. Awalnya orang Belanda yang mengkonsumsi nya sebagai sayuran bagian dari sup ataupun salad. Dan akhirnya lama kelamaan semua orang dapat menikmati sehat kacang polong ini. Yang sudah terbukti banyak mengandung kadar serat sehat yang dibutuhkan tubuh. Kacang polong banyak terdapat dalam masakan mulai dari sup, nasi goreng, masakan tumis, atau juga kini kacang polong dapat dikonsumsi langsung sebagai makanan ringan. Tentunya sudah melalui proses pemanggangan. Kali ini kita akan mengulas manfaat kacang polong bagi kesehatan.
*Nutrion
KACANG polong mengandung banyak nutrisi. Seperti karbohidrat, serat, kalsium, seng, magnesium, kalium, zat besi, vitamin C, vitamin B, vitamin A serta Vitamin E. Tak hanya sebagai sumber protein nabati paling baik, kacang polong juga mempunyai kandungan protein yang berguna untuk kesehatan bayi.
Penelitian baru menemukan bahwa, menambahkan kacang polong atau paes lebih banyak untuk diet, bisa bermanfaat bagi kesehatan dalam jangka panjang.Sebuah meta-analisis dari 21 uji klinis, yang diterbitkan dalam American Journal of Clinical Nutrition menemukan bahwa mereka yang menambahkan hanya 3/4 cangkir kacang polong, kacang-kacangan, buncis ke dalam diet harian mereka, mengalami penurunan berat badan 1 kg setelah enam minggu.
"Karena kacang polong memiliki protein dan serat yang unik, mereka bisa membuat Anda tetap kenyang, komponen kunci untuk menurunkan berat badan," kata ahli diet gizi Beth Warren, seperti dilansir laman Glamour, Rabu (4/5)."Serat dalam buncis, kacang dan kacang polong sangat membantu untuk menurunkan berat badan," imbuh ahli gizi-gizi Lisa Moskovitz, CEO dari NY Nutrition Group.
Moskovitz mengatakan serat adalah karbohidrat yang mengandung nol kalori, yang tidak hanya membantu mengatur pencernaan dan mengatur gula darah, tetapi juga menurunkan berat badan."Sayuran dan kacang-kacangan juga memiliki protein, zat besi, kalium dan kalsium. Jadi tentu ada manfaat yang lebih besar dengan makan makanan ini," pungkasnya. (fny/chi/jpnn)

*Function
1.  Untuk membantu meningkatkan masa otot
Kandungan protein nabati pada kacang polong terbilang cukup tinggi dibandingkan jenis sayur-sayuran lainnya. Pada 100 gr kacang polong terdapat 8 gr protein nabati, hampir setara dengan 28 gr daging sapi dengan kandungan protein 9 gr. Kandungan yang cukup tinggi ini mampu memenuhi kebutuhan protein manusia sehari-hari. Memasukkan kacang polong dalam menu diet anda akan sangat membantu jika anda dalam program menaikan masa otot, dan ditambah dengan asupan sumber protein lainnya seperti manfaat telur.

2. Menurunkan kolesterol
Menurut beberapa penelitian, kandungan omega 3 pada kacang – kacangan dapat menurunkan kolesterol atau lemak jahat. Omega 3 merupakan lemak tak jenuh atau lemak baik yang berperan dalam menetralisir kelebihan lemak jenuh penyebab kolesterol.

3. Untuk melindungi mata
Karotenoid atau istilah lainnya beta karoten merupakan zat alami yang terkandung dalam sayur atau buah-buahan yang berwarna merah, kuning atau orange. Tapi tak menutup kemungkinan sayuran atau buah-buahan yang berwarna lain juga mengandung beta karoten, seperti manfaat bayam dan kacang polong. Fungsi dari beta karoten adalah mengkonversi zat warna pada tanaman, sayuran, buah menjadi vitamin A dan karenanya sebagai sumber vitamin A. Manfaat vitamin A selain untuk mempertahankan kesehatan mata juga bermanfaat sebagai zat antioksidan yang dapat memberikan pertahanan tubuh lebih optimal.

4. Meregenarasi kerusakan sel tubuh
Manfaat vitamin C merupakan salah satu vitamin yang mudah hilang karena aktivitas fisik. Namun, vitamin C juga merupakan zat antioksidan yang berfungsi meregenerasi sel – sel tubuh yang rusak. Karena manfaatnya dalam hal meregenerasi, maka vitamin C akan sangat berguna untuk kecantikan seperti memperbaiki kondisi rambut rusak (kering, bercabang) karena kekurangan vitamin C, memperbaiki kondisi kulit kusam karena vitamin C dapat memproduksi kolagen yang berkhasiat untuk kulit kencang dan cerah.

5. Menurunkan gula darah
Kacang polong merupakan makanan yang kaya serat dan protein. Karena kadar serat dan protein yang tinggi inilah, maka pekerjaan ginjal dalam mengendalikan kadar gula dalam darah terbantu. Diet tinggi protein juga serat terkenal sebagai terapi alami untuk menurunkan gula darah.

*Karakteritik
Pisum sativum L memiliki beberapa penyebutan. Di Indonesia Pisum sativum L dikenal dengan sebutan kacang kapri, kacang polong, dan kacang ercis. Tanaman ini termasuk tanaman semusim yang berupa semak dan menjalar. Secara morfologi, kacang polong memiliki batang panjang, kecil dan ramping, tipe daunnya majemuk, menyirip dengan 2-3 anak pasang daun, berbentuk tandan yang terdiri dari 1-2 bunga, kelopak berwarna hijau, terdiri atas 5 daun kelopak. daun mahkota berjumlah 5, berwarna putih, coklat, atau merah muda, benang sari berjumlah sepuluh yang terbagi menjadi 2 berkas. Bakal buah terdiri atas 4-15 bakal biji.

Lemon


*History
Asal usul buah lemon, meskipun secara luas dianggap bahwa lemon pertama tumbuh di India, Burma utara, dan Cina. Buah lemon awalnyadikenal karena bersifat antiseptik dan dapat digunakan sebagai penangkal untukberbagai racun. Lemon masuk ke Eropa (di dekat Italia selatan) paling lambat padaabad ke-1 Masehi, pada masa Romawi Kuno. Namun, mereka tidak banyakdibudidayakan. Ia kemudian diperkenalkan ke Persia dan kemudian ke Irak dan Mesirsekitar tahun 700. Lemon pertama kali tercatat dalam literatur dalam risalah Arababad ke-10 pada pertanian, dan juga digunakan sebagai tanaman hias di kebun Islam.
 Ia didistribusikan secara luas di seluruh dunia Arab dan wilayah Mediteraniaantara AD 1000 dan AD 1150.Asal mula genetik lemon dilaporkan berasal dari perpaduan hibrida antara jeruk asamdan jeruk. Budidaya jeruk terbesar pertama di Eropa dimulai di Genoa padapertengahan abad ke-15.Kemudian diperkenalkan ke Amerika tahun 1493 ketikaChristopher Columbus membawa biji lemon untuk Hispaniola sepanjang perjalananitu.
Penaklukan Spanyol di seluruh Dunia Baru membantu menyebarkan biji lemon.Hal ini terutama digunakan sebagai ornamen dan obat Pada abad 18 dan 19, lemonsemakin ditanam di Florida dan California, ketika lemon mulai digunakan dalammasakan dan pemberi aroma.Pada 1747, James Lind's melakukan percobaan pada pelaut menderita penyakit kudisdengan menambahkan vitamin C untuk diet mereka dengan jus lemon. Jalur etimologi dari kata lemon ditemukan dalam dokumen Inggris Tengah 1420-1421,berasal dari kata Lama Prancis , Limone Italia, laymn Arab dan lmn Persia.

*Nutrion
Kalori (kcal) 28
Jumlah Lemak 0,3 g
Lemak jenuh 0 g
Lemak tak jenuh ganda 0,1 g
Lemak tak jenuh tunggal 0 g
Kolesterol 0 mg
Natrium 2 mg
Kalium 138 mg
Jumlah Karbohidrat 9 g
Serat pangan 2,8 g
Gula 2,5 g
Protein 1,1 g
Vitamin A 22 IU
Vitamin C 53 mg
Kalsium 26 mg
Zat besi 0,6 mg
Vitamin D 0 IU
Vitamin B6 0,1 mg
Vitamin B12 0 µg
Magnesium 8 mg

*Function
1. Dapat digunakan untuk diet
Lemon bisa membantu memperlancar metabolisme tubuh sehingga lemon bisa digunakan sebagai penurun berat badan yaitu dengan cara mencampurkan lemon yang sudah di buat jus dengan sedikit madu dan air.Lalu minum dua kali sehari yaitu pada pagi hari dan siang hari.
2. Dapat digunakan untuk merawat kulit kepala dan rambut
lemon dapat digunakan untuk mengatasi rambut rontok akibat ketombe dan kerusakan akar rambut. hal ini dapat dilakukan dengan cara lemon di peras dan ambil airnya lalu usapkan pada rambut sebagai masker kemudian pijat tunggu selama 5 hingga 10 menit lalu bilas.
3. Dapat digunakan untuk merawat kulit
banyak sekali manfaat dari lemon untuk kulit contohnya seperti menghilangkan sel-sel kulit mati pada tubuh dan wajah, hal ini dapat dilakukan dengan cara memotong lemon menjadi beberapa bagian,kemudian oleskan pada bagian tubuh dan wajah secara merata diamkan selama 15 menit kemudian bilas menggunakan air hangat maka wajah akan terlihat lebih cerah dan bersih.
4. Dapat digunakan untuk menghilangkan jerawat
Karena lemon mengandung anti bacterial maka lemon dapat dimanfaatkan untuk mengatasi bakteri penyebab jerawat. caranya ambil sari atau perasan dari lemon kemudian campur dengan madu beberapa tetes. lalu usapkan pada wajah atau bagian yang berjerawat diamkan kemudian bilas.
5. Dapat digunakan untuk memutihkan gigi
pada sari perasan jeruk lemon mengandung kalsium sehingga dapat digunakan untuk memutihkan gigi caranya campur air perasan lemon dengan sedikit baking soda lalu oleskan pada gig yang menguning lalu diamkan kurang lebih 1 menit kemudian sikat dengan sikat gigi lalu bilas. Jangan lakukan hal ini terlalu sering karena dapat merusak email gigi akibat kandungan asam pada air perasan lemon.

*Karakteristik
1. Buah lemon memiliki warna hijau dan jika sudah matang buah ini akan berwarnya kuning dan orange.
2. Rasa buah lemon baik yang masih muda maupun matang buah ini memiliki rasa masam
3. Bentuk buah bulat bahkan ada yang bulat lonjong dan pada ujungnya meruncing.
4. Daging buah lemon hampir semuanya berisi air yang dibungkus oleh kulit tipis.
5. Dalam daging buah lemon terdapat biji seperti jeruk pada umumnya.
M e l o n


Tanaman melon (Cucumis melo L ) merupakan salah satu jenis tanaman buah yang sangat terkenal. Tanaman ini berasal dari perbatasan asia barat dengan erofa da afrika. Tanaman ini masih berfamili dengan Cucurbitaceae, yang memiliki bentuk bulat, lonjong dan juga memiliki garis. Selain itu, tanaman melon ini juga merambat dan memiliki warna yang sangat bervariasi tergantung dengan varietesnya.
Tanaman ini sudah menyebar keberbagai benua salah satunya adalah benua Asia yaitu indonesia banyak sekali yang membudidayakannya dengan berbagai media baik dengan media tanah atau polibag maupun dengan media hidroponik.

·       History
Melon merupakan buah yang banyak disukai oleh penduduk dunia karena memiliki rasa yang manis dan menyegarkan. Namun tahukah Anda sejarah singkat tentang asal usul tanaman melon ini hingga tersebar diseluruh penjuru dunia?. Bila tidak berikut ini ulasannya.
Melon (Cucumis melo L.) adalah tanaman buah yang termasuk dalam famili cucurbitaceae. Tanaman melon disebut-sebut tanaman yang berasal dari lembah panas Persia dan Mediterania yang merupakan perbatasan antara asia barat dengan eropa.
Mulanya di abat ke-14 buah melon dibawa ke Amerika oleh Colombus dan akhirnya ditanam luas du Colorado, California, dan Texas. Hingga pada akhirnya melon ini tersebar kesulur penjuru dunia terutama di daerah tropis dan subtropis teramsuk sala satunya yaitu di negara kita Indonesia.
Teman-teman mungkin berfikir, bagaimana dari amerika atau persia bisa sampai di Indonesia? Jawabannya bisa melalui berbagai macam cara, salah satunya dengan cara perdagangan. Pada waktu masa sebelum perang dunia pecah, Negara-negara maju berkelana menggunakan kapal untuk mencari relasi dan bertukar barang hingga terjadinya transaksi jual beli (perdagangan) antar negara ke negara lain.
Karena Indonesia adalah penghasil rempah-rempah dan kaya akan sumberdaya alam, banyak negara yang ingin bertransaksi di Indonesia dan terjadilah pertukaran barang-barang baik dari sisi pangan dan sandang salah satunya adalah buah melon.

·       Charaktersitic
Tanaman melon merupakan tanaman semusim atau setahunan yang bersifat merambat atau menjalar dengan bantuan alat pemegang berbentuk lilin. Tanaman melon ini terdiri 2 dauan tembaga sehingga termasuk dalam kelas tumbuhan dikotil.
a. Akar
Tanaman ini memiliki perakaran tunggang terdiri dari atas  akar utama dan akar literal. Panjag akar utama dari pangkal batang mencapai 15-20 cm. sedangkan akar sekunder keluar dari serabut akat di sebut akar tersier, penyebaran akan ini mencapai 35-45 cm.

b. Batang
Tanaman ini memiliki bantang berwarna hijau muda dengan berbentuk bersegi lima berlekuk dengan 3-7 lekukan dan bergaris tengah 8 – 15 cm. memiliki berhulu dan terdapat buku atau ruas – ruas yang melekat pada tangkai daun.

c. Daun
Tanaman ini memiliki daun berwarna hjau berbentuk dbercangkao atau menjari bersudut lima. Berlekuk 3-5 lekukan dan ebrgaris tengah 8-15 cm. Daun tanaman memiliki permukaan kasar, dan susunan daun berselang-seling.

d. Bunga
Tanaman ini memiliki bunga yang tumbuh di ketiak daun, bunga jantan berbentuk secara berkelompok 3-6 buah. Bunga jantan akan muncul pda ketiak daun yang di topang dengan tangkai pipih panjang dan hanya terdiri dari mahkota bunga dan benang sari serta tidak memiliki bakal buah. sedangkan bunga betina muncul pada ruas percabangan di ketiak daun terdiri dari bunga, putik dan bakal buah. setelah itu kedua itu akan akan menyerbuk dengan bantuan angin sehingga akan menjadi bakal buah.

e. Buah
Tanaman ini memiliki buah yang terdiri dari kulit buah, daging buah, dan biji. Kulit buah tidak terlalu tebal 1-2 mm, tetapi keras dan kuat. Kulit ini memiliki lapisan yang tersusun epidermis, mesodermis dan endodermis. Bentuk buah melon ini bulat, lonjong dan lainnya dengan memiliki warna hijau, kuning dan juga ada kehijaua tua. Sedangkan daging buah berwarna hijau, kuning keputihan dan juga jingga.

f. Biji
Tanaman melon memiliki biji berwrna coklat muda, panjang 0.9 mm dan berdiameter 0.4 mm. Dalam satu buah melon terdapat biji sekitar 500 – 600 biji.

·       Nutrition
Selain memiliki rasa yg segar, buah melon juga mengandung segudang nutrisi penting yg dibutuhkan tubuh. Dalam 100 gram daging buah melon terdapat zat gizi penting seperti:
- Karbohidrat 14,8 gr
- Protein 1,55 gr
- Lemak 0,5 gr
- Potassium 546,9 mg
- Vitamin A 5.706,5 IU
- Vitamin C 74,7 mg

·       Function
Manfaat Kesehatan Buah Melon Dengan kandungan nilai gizi yang cukup lengkap, maka tidak heran jika buah melon menjadi salah satu buah pilihan yang digunakan untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan mencegah berbagai penyakit, seperti:

- Anti Kanker
Seperti halnya kemampuan buah-buahan segar yang lain, buah melon juga memiliki kemampuan untuk menangkal serangan kanker karena kandungan karotenoid. Karotenoid merupakan pigmen pemberi warna pada buah dan sayuran. Kandungan karotenoid yang tinggi pada buah ini dapat mencegah serangan kanker, seperti kanker paru-paru dan kanker payudara.

- Mencegah Serangan Jantung
Selain efektif mencegah serangan kanker, kandungan adenosine pada buah melon juga mampu menghentikan penggumpalan sel darah yang dapat mengakibatkan serangan jantung dan stroke. Adenosine bekerja dengan cara melancarkan peredaran sel-sel darah merah sehingga memperkecil risiko serangan jantung dan stroke.

- Sumber Kolagen
Anda pasti pernah mendengar istilah kolagen. Sebuah zat yang sering digunakan untuk mengurangi efek penuaan pada beberapa wanita di dunia agar terlihat awet muda. Nah, zat kolagen ternyata juga terdapat pada buah melon. Selain mencegah penuaan, kolagen juga berguna untuk mempercepat penyembuhan luka.

- Menu Diet yang Menyegarkan
Lebih dari 90 persen kandungan buah melon adalah air yang bisa memberikan efek menyegarkan dan mencegah panas dalam. Buah ini sangat rendah kalori, bebas lemak dan kolesterol, sehingga cocok dikonsumsi saat Anda sedang berdiet.

- Mencegah Impotensi
Nah, bagi Anda yang bermasalah dengan kehidupan seks, sebaiknya Anda segera mengonsumsi buah segar yang satu ini. Menurut beberapa penelitian di Inggris, buah melon mengandung asam amino yang disebut dengan citrulline yang dapat memproduksi arginine. Arginine berguna dalam meningkatkan aliran darah, terutama aliran darah yang menuju organ seksual. Arginine bekerja sebagai stimulator yang memperlebar pembuluh darah, sehingga aliran darah menuju organ seksual menjadi lancar dan terhindar dari disfungsi ereksi (impotensi).

- Menyehatkan Mata
Buah melon juga diperkaya dengan beta-karoten yang berguna untuk meningkatkan ketajaman dan menjaga kesehatan mata. Beta-karoten akan diubah oleh tubuh menjadi vitamin A dan digunakan tubuh untuk memperbaiki fungsi mata, terutama dalam ruangaan dengan pencahayaan minim.
SOURCE :
https://hairulsadikin.wordpress.com/2011/07/08/sejarah-anggur/
https://www.webkesehatan.com/anggur-kandungan-nutrisi-dan-manfaatnya-bagi-kesehatan/
https://manfaatnyasehat.blogspot.co.id/2013/11/kandungan-nutrisi-dan-manfaat-buah-anggur.html
http://fredikurniawan.com/klasifikasi-dan-morfologi-kacang-kedelai/
http://pintarsains.blogspot.co.id/2013/06/klasifikasi-kacang-polong-pisum-sativum.html
https://www.scribd.com/doc/110737747/Buah-Lemon-Dan-Khasiatnya
http://www.faunadanflora.com/lemon-pengertian-klasifikasi-kandungan-gizi-dan-manfaat-lemon/
https://mengenalciriciri.blogspot.co.id/2018/03/ciri-ciri-buah-lemon-dan-manfaatnya.html


0 komentar:

Posting Komentar

About Me

Categories

Diberdayakan oleh Blogger.

@templatesyard

hola ........... Hari ini senin 29 oktober 2018,kegitan untu praktek hari ini tdak banyak yang saya lakukan hanya sembari duduk di kelas m...

Cari Blog Ini

Home Ads

Advertisement

Facebook

BTemplates.com

KEGITAN KU

PLK

Blogroll

Adbox

DAILY REPORT

madhe manuarsa

Popular Posts